IKLAN : Dijual rumah 198/70 di Citayam, Jl. Ken Arok II no. 85, lokasi strategis dekat stasiun Citayam. Fasilitas : telepon, air tanah bagus, 3 Kamar Tidur, Harga 250 juta. Contact person : Budi prakoso- 081310343598 atau 021-31752518.



Wednesday, December 20, 2006

Sehat dengan Temulawak

08 Maret 2005 13:14:31
Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) merupakan tumbuhan tahunan yang hidup merumpun dan berbatang semu berupa gabungan beberapa pangkal daun yang terpadu. Tiap batang memiliki 2-9 helai daun, bunganya berukuran pendek dan lebar, warna putih atau kuning tua dan pangkal bunga berwarna ungu.

Tumbuhan ini dapat berbunga terus-menerus sepanjang tahun secara bergantian yang keluar dari rimpangnya. Rimpang induk dapat memiliki 3-4 buah rimpang. Warna kulit rimpang cokelat kemerahan atau kuning tua, sedangkan warna daging rimpang oranye tua atau kuning. Rimpang temulawak terbentuk di dalam tanah pada kedalaman sekitar 16 cm. Tiap rumpun umumnya memiliki 6 buah rimpang tua dan 5 buah rimpang muda.

Temulawak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi beraneka macam penyakit. Berbagai khasiat dari temulawak, antara lain, gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, membantu pencernaan, mengatasi radang kandung empedu, radang lambung dan gangguan ginjal.

Selain itu, temulawak juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, anemia/kurang darah, melancarkan peredaran darah, gumpalan darah, malaria, demam, campak, pegal linu, rematik, sakit pinggang, peluruh haid, keputihan, sembelit, ambeien, menambah nafsu makan, batuk, asma, radang tenggorokan, radang salurah nafas, radang kulit, eksim, jerawat, meningkatkan stamina, radang kandung empedu dan batu empedu.

Untuk gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

Pada radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.

Bila sakit radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Untuk mengatasi batu empedu, gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.


Mengatasi masalah radang lambung, gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Mengobati batuk dan radang saluran nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

Lakukan resep ini dua kali sehari secara teratur. Sedangkan, untuk penyakit berat/serius disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter. (oleh Prof HM Hembing Wijayakusuma)
Sumber : Suara Karya

NB: Herb Medicine Store (http://herbmedicine.blogspot.com) menyediakan pula produk ektrak temulawak dalam kapsul isi 50 butir, pemesanan dan info lebih lanjut : sehatherbal@yahoo.co.id atau 081310343598

Sunday, December 17, 2006

Kelapa Hijau untuk menaikkan trombosit- Kasus Demam Berdarah

Mungkin info ini kalo benar bisa berguna.

Mumupung lagi rame2nya masalah DEMAM BERDARAH pada kesempatan ini kalau boleh berbagi /sharing pengalaman pribadi..saya terserang demam berdarah dan sdh stadium akhir...lalu masuk rumah sakit Islam menghabiskan infus
22 botol...waktu itu sdh parah trombosit sdh mencapai 24.000 dan sdh mengalami halusinasi...jangankan makan minum aqua pun mual...dicoba dgn juice jambu klutuk dan pocari swet masih pelan kenaikan trombosit...lalu
saya diberi Air Kelapa hijau yg kalau dikupas serabutnya berwarna merah...saya bisa minum itu kelapa sampai 2 butir...hasilnya menakjubkan trombosit naik dgn amat cepat dan setelah itu pihak rumah sakit juga menanyakan minum apa dan besoknya bisa pulang kerumah...nah ini
pengalaman pribadi saya sbg penderita DBD demam berdarah...mungkin ada saudara2 ku yg baca di millis ini andaikata ada tetangga atau kerabat yg menderita DBD bisa diberi air kelapa hijau obat dari alam yg diberikan oleh TUHAN...Amin
(primaw@yahoo.com)

Friday, December 15, 2006

Herbal untuk Diabetes

Saya ingin tahu apa obatnya untuk Diabet, waktu periksa gula darah hasilnya: puasa 137 setelah puasa 202.

Terima kasih.
Bambang Purwanto.

==============

Obat untuk diabetes dari produk herbal yang dianjurkan adalah brotowali 3x1 kaps/hari, Ciplukan 3x1 Kaps/hari dan pegagan 3x1 Kaps/hari, Daun Salam, Pare dan dandang gendis dalam bentuk seduhan ( dari 5-7 lembar daun kering) juga sangat efektif untuk menurunkan kadar gula daran anda. Namun saat ini sudah tersedia teh celp herbal khusus untuk menangani diabetes millitus yaitu Herbal teh celup Diabetacare dosis yang dianjurkan adalah 3x1 sachet/hari.

Ada testimoni dari dr. Waluyo SPOG di Blora beliau menderita diabetes dan gula puasa177 dan setelah puasa 255 namun setelah mengkonsumsi diabetacare 10 hari (1 Dos diabetacare isis 30 sachet) kadar gulanya turun menjadi 100 puasa dan 195 setelah puasa.

Demikian sharing dari saya semoga bermanfaat
Salam Sehat dan bahagia
NAB

NB; Herb medicine store (http://herbmedicine.blogspot.com) menyediakan berbagai ektrak herbal untuk diabetes. Info lebih lanjut : sehatherbal@yahoo.co.id atau 081310343598

Sunday, December 10, 2006

MENCEGAH DAN MENGOBATI TYPHUS

Tyhpus adalah penyakit infeksi akut usus halus. Nama lain typhus adalah typhus abdominalis. Penyebabnya adalah kuman Salmonella Typhi. Penularan S. Typhi terjadi melalui mulut oleh makanan yang tercemar. Sebagian kuman akan dimusnahkan dalam lambung oelh asam lambung. Sebagian lagi msuk keusus halus, mencapai jaringan lemfe dan berkembang biak. Kuman-kuman selanjutnya masuk ke jaringan beberapa organ tubuh, terutama limpa,usus dan kandung empedu. Demam pada typhus disebabkan karena S, tyhpi dan endotoksinnya merangsang sintesis dan pelepasan zat pirogen (menimbulkan panas) pada jaringan yang meradang.


Patologi

Kelainan patologik utama di usus halus, terutama di usus halus bagian distal (bawah). Pada minggu pertama pernyakit terjadi hyperplasia (pembesaran sel-sel) plaks Peyer, disusul minggu kedua terjadi nekrosis (pembususkan) dan dalam minggu ketiga ulserasi plaks peyer dan selanjutnya dalam minggu keempat penyembuhan ulkus (luka-luka) dengan meninggalkan sikatriks (jaringan perut). Ulkus berbentuk lonjong dengan sumbu memanjang sejajar dengan sumbu usus.

Hati membesar dengan infiltrasi limfosir, zat plasma dan sel mononuclear, serta tedapatnekosis fokal. Sistem retiku loendotelial menunjukkan hyperplasia dan kelenjar-kelenjar mesenterial dan disertai pembesaran limpa.


Gambaran Klinis

Masa tunas penyakit typhus berlangsung 10 sampai 14 hari. Gejala yang timbul amat bervariasi. Gambaran penyakit bervariasi dari penyakit ringan yang tidak terdiagnosis, sampai gambaran penyakit yang khas dengan komplikasi dan kematian. Dalam minggu pertama penyakit, keluhan dan gejala serupa dengan penyakit infeksi akut. Pada umumnya yaitu demam,nyeri kepala, pusing, nyeri otot, tidak nafsu makan, mual, muntah, obstipasi (diare ), perasaan tidak enak diperut, batuk. Pada pemeriksaan fisik hanya ditemukan suhu badan meningkat. Dalam minggu kedua gejala-gejala menjadi lebih jelas berupa demam, denyut jantung relative lambat, lidah yang khas (kotoran ditengah, tepid an ujung merah dan tremor/bergetar, hati membesar, limpa membesar, gangguan mental bisa koma atai psikosis.

Reaksi widal adalah suatu reaksi pengendapan antara antigen dan antibody (aglutinin). Agglutinin yang spesifik terdapat pada serum penderita penyakit typhus. Maksud reaksi widal adalah untuk menentukan adanya aglutinin dalam serum penderita yang disangka menderita penyakit thypus.


Komplikasi yang mungkin timbul

1.Komplikasi intestinal
a.Perdarahan usus
b.Usus pecah (perforasi)
c.Lumpuhnya usus halus (ileus paralitik)

2.Komplikasi ekstra-intestinal
a.komplikasi kardiovaskuler seperti trombosit, renjatan sepsis.
b.Komplikasi darah seperti anemi hemolitik
c.Komplikasi paru seperti pnemoni
d.Komplikasi hati dan kandung empedu berupa radang hati dan kolesistitis (radang kandung empedu)
e.Komplikasi ginjal : glomerulone phritis
f.Komplikasi tulang : arthritis, osteomielitis
g.Komplikasi neuropsikiatrik seperti meningitis, polyneuritis.

Pencegahan

Untuk pencegahan penyakit typhus dapat dibagi dalam :
1.Usaha terhadap lingkungan hidup
-Penyediaan air minum yang memenuhi syarat
-Pembuangan kotoran manusia yang higenis
-Pemberantasan lalat
-Pengawasan terhadap rumah-rumah makan dan penjual-penjual makanan

2.Usaha terhadap manusia
-Imunisasi
-Menemukan dan mengawasi carrier typhoid
-Pendidikan kesehatan kepada masyarakat

Penggunaan Tanaman Obat untuk mengatasi penyakit Thypus

Selain beberapa usaha pencegahan diatas, jika sudah terjadi penyakit perlu dilakukan pengobatan. Pengobatan medis konvensial sudah umum dilakukan utnuk mengatsi ganguan thypus. Namun disisi lain obat herbal dapat dijadikann sebagai suatu pilihan untuk kesembuhan pasien. Beberapa tanaman obat sepetri Sambiloto, Bidara Upas, rumput mutiara dan temulawak dapat digunakan untuk membantu mengatasi penykait thypus. Herbal tersebut mempunyai fungsi penurun panas, anti radang, meningkatkan kekebalan, menghilangkan racun dan melancarkan peredaran darah.

Tanaman obat yang digunakan :

1. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Tanaman ini mempunyai fungsi penurun panas /demam, selain sebagai antiracun dan antibengkak. Cukup efektif untuk mengatasi infeksi dan merangsang phagocytosis dan meningkatkan kekebalan tubuh seluler. Bagian tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pengunaannya : 3 x 1 kapsul (pagi, siang, sore ) 1 jam sebelum makan.

2. Bidara Upas (Merremia mammosa)

Tanaman ini mempunyai fungsi sebagai anti ardang dan juga mengurangi rasa sakit (analgesic) serta menetralkan racun. Bagian tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pemakaian : 3 x 1 Kapsul / hari.

3. Rumput Mutiara

Tanaman ini mempunyai fungsi sebagai penghilang panas dan anti radang, selain itu juga berperan dalam mengaktifkan peredaran darah. Bagian tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pemakaian: 3 x 1 kapsul/hari.

4. Temulawak

Tanaman ini mempunyai sifat bakteriostatik dan berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan anti inflasma (pembengkakan). Bagain tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pemakaian : 3 x 1 kapsul / hari.

Selamat mencoba,

Cegahlah penyakit selagi bisa, dan obat dengan benar jika memang tak dapat dihindari.
Salam Sehat dan Bahagia
(NAB)

SehatHerbal.Com menyediakan ektrak sambiloto, bidara upas, temulawak dan rumput mutiara sdh dalam bentuk kapsul. Harga anara Rp. 50.000/50 kapsul s.d Rp. 67.500/50 kapsul sdh terdaftar di Badan POM. Info pemesanan : sehatherbal@gmail.com atau 081310343598 atau langsung datang ke counter SehatHerbal.Com, Mangga Dua Square-Lantai UG Blok C no. 206. Tlp. 021-91752768

Wednesday, December 6, 2006

Angin Duduk

ANGIN DUDUK- UNTUK DIKETAHUI.

Kemarin ada seorang teman dikantor yang meninggal diusia yang ke-31
Dengan status single. Menurut dokter-dokter yang turut melayat,kemungkinan penyebabnya adalah angin duduk, karena pagi harinya
dia masih masuk kantor, walaupun pada saat jam istirahat minta ijin
pulang karena kepalanya pusing. Kebetulan ybs tidur sekamar dengan kayak perempuannya yang juga bekerja di kantor yang sama,dan masih sempat terbangun karena adiknyamenanyakan minyak kayu putih sekitar setengah 12 malam, lalu paginya waktu dibangunkan pagi hari untuk berangkat ke kantor, ternyata sang adik sudah meninggal dengan posisi tidur dengan wajah sedikit menahan rasa sakit, dan kebiruan sekitar leher.

Atas dasar itulah saya informasikan sedikit mengenai angin duduk atau
Nama kerennya Sindrom Jantung
Koroner Akut. Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal.Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Dunia kedokteran selama dua tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab disebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan
Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).

Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan
lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di
Masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang
berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.

Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks.
Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan
fasilitas penanganan

Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah Serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakanpenemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.


Gejalanya:

* Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:

- Rasa ditekan
- Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiridan kanan, serta
ulu
hati.
- Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.
- Keluhan nyeri ini
bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri,
bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung
pada ulu hati seperti masuk angin atau maag.

Sumber
masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh
Darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal
:

* Pertama, adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah
akibat konsumsi kolesterol tinggi.
* Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
* Ketiga, Vasokonstriksi atau
penyempitan pembuluh darah akibat kejang
yang terus menerus.
* Keempat, infeksi pada pembuluh darah.

Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigen
Yang masuk ke dalam jantung.
Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh,hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA)dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard). Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina
terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.

"SSJKA ini memang mendadak.Bukan karena capek, masuk angin,
atau
penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling
lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali
dirasakan".Kata Teguh. Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu-satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. Santoso
Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia
Tidak terlalu bisa diharapkan untuk engobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.Untuk itu ia menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet
antiplatelet ke manapun ia pergi.

Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri Dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

Yth. Bpk. Nugroho,
Terkait dengan artikel tsb di atas mohon informasi mengenai pengobatan herbalis untuk mengatasi angin duduk.
Sekian, Trims
Wasalam

BP

=====================================
Pak Budi YTH

Wah terima kasih banyak Pak atas cerita dan sharingnya, sangat bermanfaat sekali bagi rekan-rekan yang lain, khususnya bagi kita yang pola hidupnya seperti di Jakarta ini ya, banyak makan junk food yang kolesterolnya tinggi, ditambah lagi kurang gerak apalagi olah raga sangat kurang Pak. Ini yang bikin parah.

Terapi herbal yang bisa dianjurkan untuk mengatasi masalah arterisklerosis, tingginya kolesterol dan masalah pembuluh darah di Jantung adalah sbb :
- Daun Dewa dengan dosis 3x1 Kaps/hari fungsinya adalah untuk mengikis lemak yang ada di pembuluh darah, memperkuat otot jantung, dan membantu menstabilkan kolesterol
- Pegagan dosis 2x1 Kaps/hari, fungsinya untuk merevitalisasi sel pembuluh darah agar lebih kenyal sehingga peredaran darah lebih lancar.
- Sembung 3x1 Kaps/hari, memperbaiki jarungan ikat dan pem,buluh darah dari dan kejantung sehingga mengurangi timbulnya serangan jantung.
- Kalau kolesterolnya cukup tinggi diatas 250 mg/dl bisa ditambahkan Kapsul Sambung Nyawa dengan dosis 1x1 Kaps/hari saja dan pemakaiannya tidak boleh lebih dari 2 minggu (khusus untuk sambung nyawanya Pak)

Demikian Pak sharing dari saya semoga bermanfaat

Salam Sehat dan Bahagia
NAB

Konsultasi tanaman obat untuk maag

Pak Yogha Yth :

Yang sering dimaksudkan dengan sakit maag adalah penyakit pada lambung. Nha ini bisa gastritis, bisa juga tukak lambung . Baik akan saya jelaskan lebih rinci sbb :

Penyakit pada lambung dapat berupa peradangan lambung (Gastritis) akut dan kronis atau tukak lambung (ulkus peptic). Gastritis akut yang sering dijumpai di klinik adalah gastritis akut sebagai efek samping pemakaian obat; disebabkan bahan kimia tertentu; merokok; minum alkohol; stres fisik akibat luka bakar, pembedahan, dan lain-lain; akibat refluks usus lambung; karena endotoksin atau karena penyebab yang tidak diketahui.

Perjalanan penyakitnya biasanya ringan, walau kadang dapat menyebabkan kedaruratan medis berupa perdarahan saluran cerna bagian atas. Ada penderita yang datang berobat karena muntah darah, namun sering kali keluhan hanya ringan saja seperti nyeri ulu hati yang tidak hebat, kadang disertai mual dan atau muntah. Untuk mencegahnya adalah menghindari penyebab yang telah disebutkan diatas sedapat mungkin.

Sedangkan gastritis kronis penyebabnya belum diketahui. Gastritis kronis sering dijumpai bersama penyakit lain seperti anemia, gondok, tukak lambung kronis, dan lain-lain. Keluhan biasanya berupa nyeri ulu hati, tidak nafsu makan, mual, dan keluhahan-keluhan anemia seperti lesu dan cepat lelah. Umumnya gastritis kronis tidak membutuhkan pengobatan, yang perlu diperhatikan adalah penyakit lain yang keluhannya berhubungan dengan gastritis kronis.

Sedangkan Tukak lambung, gejala umumnya berupa rasa nyeri yang disebabkan oleh rangsangan asam dalam lambung. Pengalaman menunjukkan beberapa makanan atau minuman dapat merangsang dan menimbulkan rasa sakit pada tukak lambung ini seperti cabe, lada, asam, kopi dan cola. Bahkan kopi dan cola dianggap sebagai penyebab terjadinya tukak.

Penanganan dengan obat herbal/terapi yang dianjurkan dengan obat herbal adlah dengan Kunyit, bisa kunyit biasa (Curcuma longa) atau Kunyit Putih (Curcuma Alba), kunyit ini mengandung zat aktif yang bernama curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas tukak lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus.

Percobaan klinis efek kunyit pada tukak lambung dilakukan terhadap 10 pasien. Obat diberikan secara oral dengan dosis 2 kapsul 250 mg, 4 kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Tukak sepenuhnya tersembuhkan pada 5 pasien dalam 4 minggu atau 7 pasien dalam 4 - 12 minggu.

Meniran atau Phylantus urinarisa/niruri. Kandungan aktif tanaman meniran yang ada kaitannya dengan pengobatan maag adalah kuersetin, merupakan senyawa flavonoid. Kuersetin bekerja dengan menghambat enzim histidin dekarboksilase sehingga produksi/ sintesis histamin terhambat. Histamin merupakan mediator penting pada penyakit alergi radang sehingga meniran akan menghambat reaksi peradangan akibat histamin pada penyakit maag.

Jombang atau nama latinnya Taraxacum officinale Weber et Wiggers tanaman ini mampu mengobati maag karena mempunyai kandungan, antara lain flavonoid yang dapat menghambat pembentukan prostaglandin dan leukotrien. Prostaglandin adalah mediator utama pada reaksi peradangan, yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan menimbulkan pembengkakan di daerah peradangan. Prostaglandin dan leukotrien bertanggung jawab untuk merekrut berbagai sel-sel radang, seperti eosinofil, ke daerah tersebut.

Eosinofil selanjutnya dapat menimbulkan kerusakan jaringan akibat diekskresikannya berbagai molekul radikal bebas. Efek buruk radikal bebas ini dapat pula dikurangi oleh kandungan jombang yang lain, seperti p-hydroxy-phenylacetic acid derivat taraxacoside (dengan gugus fenol), vitamin C, flavonoid, dan b-karoten yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat menekan kandungan radikal bebas dalam sel-sel lambung sehingga mempercepat penyembuhan luka pada lambung.

Untuk dosisnya masing 2tanaman obat tsb diatas antara 3x1 s/d 3x2 kaps/hari tergantung keparahan penyakitnya. dan minimum dikonsumsi 15 hari berturut-turut baru nampak hasilnya.

Demikian Pak Yogha informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat

Salam Sehat dan Bahagia

NAB

Monday, December 4, 2006

Kolesterol Tinggi Berbahaya Lho

Bila berlebihan, kolesterol akan menempel di dinding pembuluh darah. Akibatnya, dinding pembuluh darah menyempit dan kaku sehingga tak dapat berdenyut dengan sempurna. Kolesterol kini menjadi momok bagi semua orang. Bisa dipahami, karena kolesterol dalam jumlah yang berlebih bisa
mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, hipertensi, stroke, dan sejumlah penyakit lainnya.

Menurut penasihat medis PT Indofarma, perusaahaan farmasi milik negara, dr Suhartati KS SpFK, kolesterol tidak selamanya berbahaya bagi tubuh.
Bahkan, kolesterol merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang berguna untuk pembentukan sel dan berbagai hormon dalam tubuh. Dengan demikian, kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh agar manusia dapat hidup dengan sehat, atau normal.

Sel-sel tubuh manusia, kata Suhartati, selalu diganti dengan yang baru.
Demikian pula hormon. Berbagai jenis hormon dibutuhkan dan digunakan tubuh untuk berbagai proses kehidupan. Walaupun dibutuhkan, kolesterol yang berlebihan malah mendatangkan penyakit. ''Tanpa kolesterol seseorang tidak dapat hidup. Tapi jika jumlah atau kadarnya dalam darah terlalu tinggi, yaitu lebih dari 200 mg/dl pada pemeriksaan darah setelah minimal 10 jam berpuasa, kolesterol bisa menyebabkan berbagai penyakit. Bila tidak segera ditangani, maka bisa membahayakan nyawa penderita,'' katanya.

Ia menjelaskan, semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dalam lambung (maag) dengan bantuan asam dan enzim. Setelah cukup halus, makanan tadi akan diserap oleh usus halus (intestin). Sedangkan lemak yang terkandung dalam makanan, penghancurannya harus dibantu oleh empedu yang berasal dari kandung empedu. Setelah diserap oleh dinding usus halus, makanan yang sudah halus tersebut akan masuk ke aliran darah yang menuju ke hati (hepar). Di sini, semua yang diserap akan dimetabolisme (diproses) dengan bantuan enzim. Lemak akan diproses sehingga terbentuk kolesterol, trigliserida, dan berbagai jenis lemak lainnya.

''Berbagai lemak ini akan mengalir ke seluruh tubuh, ke bagian tubuh
sesuai dengan aliran darah dalam pembuluh darah. Di bagian tubuh tersebut, kolesterol akan digunakan untuk pembentukan sel-sel tubuh, pembentukan berbagai jenis hormon. Sedangkan sisanya akan kembali lagi ke hepar,'' terang Suhartati.

Seiring usia Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menjelaskan, semua jenis lemak, termasuk kolesterol, tidak larut dalam air atau darah. Karenanya, darah memiliki alat pengangkut khusus kolesterol yang disebut lipoprotein. Ada beberapa jenis lipoprotein dalam darah. Dengan pemeriksaan laboratorium, berdasarkan kepadatannya, lipoprotein dibedakan menjadi lipoprotein densitas rendah (low density lipoprotein/LDL) dan lipoprotein kepadatan tinggi (high density lipoprotein/HDL).

HDL akan mengangkut kolesterol dari daerah perifer (pembuluh darah dan berbagai organ tubuh) menuju hepar (hati) di mana kolesterol akan diproses lagi. ''Setelah kolesterol terbentuk lagi di hepar, ia akan
diangkut lagi melalui pembuluh darah oleh LDL ke jaringan-jaringan perifer atau di luar hepar. Ini yang akan digunakan lagi untuk berbagai kelangsungan hidup. Pada keadaan normal HDL harus lebih besar dari 45 mg/dl dan LDL tidak lebih dari 150 mg/dl,'' paparnya.

Kondisi demikian akan berjalan dengan baik atau normal selama seseorang tidak memiliki kadar kolesterol yang tinggi sekali atau di atas normal, dan selama fungsi hepar, empedu dan pembuluh darah (denyutan pembuluh darah) normal. Selain itu, makanan sehari-hari tidak mengandung lemah
berlebihan, sementara aktivitas fisik cukup baik seperti olahraga, jalan kaki dan sebagainya cukup). Umumnya makin bertambah usia seseorang semudah mudah ia mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Inilah yang bisa menimbulkan sejumlah penyakit.

Gangguan fungsi tubuh Menurut penelitian di Amerika Serikat (Consensus Conference of Colesterol), kolesterol dianggap tinggi atau hiperkolesterolemia apabila kadarnya melebihi 240 mg persen. Ancaman penyakit jantung koroner dua kali lebih besar menimpa orang-orang yang memiliki kadar kolesterol 200-240 mg persen dibandingkan dengan orang yang memiliki kadar kolesterol di bawah 240 mg persen. Bahkan, ancaman itu bisa meningkat empat kali lebih besar apabila kadar kolesterolnya di atas 300 mg persen.

Suhartati menjelaskan, kolesterol yang berlebihan tidak dapat terangkut seluruhnya oleh lipoprotein dari aliran darah di seluruh tubuh yang akan dibawa ke hepar. Pemeriksaan darah penderita jenis ini
(hiperkolesterolemia) setelah puasa minimal 10 jam menunjukkan, akan didapat kadar kolesterol total di atas 220-250 mg/dl dan jumlah LDL juga lebih tinggi dari angka normal (di atas 150 mg/dl). Sebaliknya, jumlah HDL menurun atau kurang dari 40 mg/dl.

''Peningkatan kadar LDL menunjukkan bahwa jumlah kolesterol yang diangkut dari hepar menuju ke daerah perifer atau pembuluh darah dan organ lain, meningkat. Ini berarti di pembuluh darah ada kolesterol yang berlebihan. Karenanya, ketika darah diambil dan diperiksa kadar kolesterolnya, hasilnya lebih tinggi dari angka normal,'' terang Suhartati. Kalau keadaan ini dibiarkan dalam waktu yang lama, lanjutnya, kolesterol yang berlebih tadi akan menempel di dinding pembuluh darah (plak).

Akibatnya, dinding pembuluh darah yang tadinya cukup lentur atau mudah berkerut dan melebar lama kelamaan akan menjadi kaku (aterosklerosis) dan tidak dapat berdenyut dengan sempurna. Pembuluh darah juga akan
menjadi lebih menyempit (vasokonstriksi). Kelenturan pembeluh darah ini, lanjut Suhartati, sangat penting agar aliran darah ke alat tubuh yang penting seperti jantung, otak, ginjal, usus dan saraf, dan ke jaringan tubuh yang lain tetap berjalan dengan normal. Organ tubuh yang tidak mendapatkan suplai darah yang cukup akan mengalami gangguan fungsi tubuh.

''Gangguan fungsi tubuh yang sangat vital, yaitu jantung, otak dan ginjal, dapat mengancam jiwa penderita. Bila tidak segara diatasi dengan seksama, gangguan jantung bisa menyebabkan serangan jantung. Gangguan otak bisa mengakibatkan stroke, sementara gangguan ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal,'' katanya. Pada tahap awal mungkin akan terjadi peningkatan tekanan darah. Karena, agar darah dapat mengalir tekanannya harus lebih tinggi (hipertensi). Bila hipertensi tidak segera diatasi, apalagi bila diet penderita tidak dijaga dan hiperkolesterolemia tidak juga diatasi, pembuluh darah menjadi lebih kaku lagi.

Keadaan tersebut dapat berakibat jantung pasien harus berdenyut atau berkontraksi lebih cepat dan kuat untuk melawan aliran darah yang terganggu akibat pembuluh darah yang kaku dan tekanan darah yang kuat. ''Bila berlangsung lama, maka jantung dapat membesar atau hipertrofi jantung atau ventrikel kiri,'' ungkapnya.

Turunkan Kolesterol dengan Herbal Alami

Kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan. Kami menawarkan solusinya lewat Kapsul Pelangsing , Daun Dewa dan Sambung Nyawa kapsul , suplemen herbal yang 100 persen alami. Kandungan Pada Pelangsing Terdiri dari daun jati belanda (Guazuma ulmifolia) dan daun kemuning (Murayae paniculata) dalam Pelangsing terbukti dapat
meluruhkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Daun jati belanda, yang biasa disebut jati landa oleh orang Jawa, mengandung zat tanin, damar, triterpen, alkoloid, karotenoid, flavonoid dan asam fenol. Daun ini berkhasiat sebagai obat pelangsing,
antikolesterol, astringen diare, dan obat batuk. Sementara itu, daun kemuning mengandung zat atsiri, damar, tanin, glikosida dan meransin. Khasiatnya adalah mengurangi kelebihan lemak dan antikolesterol.

Sedangkan Daun Dewa dan Sambungnyawa mempunyai banyak efek lain yang bagus untuk kesehatan, seperti mengendalikan kadar gula darah (antidiabetes), menurunkan olesterol, mencegah dan memperbaiki kerusakan ginjal, dan mengurangi peradangan (anti-inflamasi). Masing-masing khasiat tadi juga telah terdapat penelitiannya secara alamiah''Mekanisme kerja zat aktif pada Pelangsing sebagai antikolesterol maupun sebagai peluruh lemak memang belum dapat dibuktikan secara klinis. Tapi secara uji klinis telah dibuktikan mampu untuk menurunkan kadar lemak dan berat badan pada mencit s/d 4-5 % dari Berat Badan/bulannya dengan dosis 250 mg/kg BB Sehingga dapat dikatakan khasiat daun jati belanda dan daun kemuning sudah terbukti bisa meluruhkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah..

Ia melanjutkan, beberapa teori menyebutkan bahwa mekanisme kerja kedua bahan tersebut dari kandungan damarnya. Mekanisme sebagai berikut.
Kolesterol yang terbentuk menjadi asam empedu berikatan dengan damar dan segera diekskresikan melalui feses. Asam empedu yang dieskskresikan dengan cepat oleh tubuh akan disertai oleh cepatnya pembentukan asam empedu. Sehingga, kolesterol dalam tubuh akan segera diubah menjadi asam empedu yang akhirnya akan mengurangi kadar kolesterol.

Bahan aktif dari simplisia berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran timbunan lemak dalam tubuh akan meningkat. ''Dengan demikian akan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Ini berarti akan mengurangi terbentuknya kolesterol karena lemak merupakan faktor risiko tingginya kadar kolesterol,'' ujarnya.

Disarikan dan dimodifikasi dari Republika Online Selasa, 26 April 2005

NB: Bila ingin pesan ekstrak herbal2 tsb diatas via budiprakoso98@gmail.com

Herbal untuk Stroke

Stroke merupakan suatu keadaan rusaknya fungsi otak. Stroke Ini dibagi menajdi 2 yaitu :

Stroke perdarahan
yaitu suatu keadaan dimana terjadi kerusakan fungsi otak akibat pecahnya pembuluh darah yang mensuply darah ke otak, sehingga otak tidak mendapat suply oksigen dan nutrisi yang cukup dan menyebabkan kerusakan fungsi otak. Pecahnya pembuluh darah ini biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi.Terapi herbal yang dapat dianjurkan adalah dengan Pegegan 3x1 kaps/hari--> untuk menurunkan tekanan darah dan merevitalisasi sel yang rusak dan pembuluh darah yang pecah. Daun Dewa 3x1 Kaps/hari menormalkan aliran darah dan Sambiloto 3x1 Kaps/hari menurunkan tekanan darah

Stroke InfarkYaitu suatu keadaan dimana ada hambatan penyaluran darah ke otak akibat adanya emboli (gelembung udara yang ada di darah) atau juga oleh trombus (adanya penggumpalan darah), selain itu juga bisa disebabkan oleh adanya sumbatan lemak(plak akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah) dipembuluh darah.



Untuk terapi herbal, herbal yang dianjurkan disini adalah
Sambung Nyawa 1x1 Kaps/hari--> mengurangi kadar koelsterol
Daun Dewa 3x1 Kaps/hari--> menormalkan aliran darah dan memecah plak serta trombus yang ada.


====
PERHATIAN !!!!!

Bila mengalami stroke agar secepatnya dibawa ke dokter ahli/spesialis syarat terdekat agar segera mendapatkan pertolongan tidak lebih dari 6 jam dari serangan stroke, agar bisa tertangani--- moment 6 jam sejak kena stroke ini dinamakan " golden time ".

Utk terapi lebih lanjut bisa menggunakan kombinasi antara obat dokter dgn herbal,hanya beri jeda 2 jam setelah/sebelum minumnya.

Baru Cina - Obat Herbal untuk Penyakit Kewanitaan



Baru cina (Artemisia vulgaris Linn, disebut baru cina karena tanaman ini memang berasal dari negeri Cina. Indonesia dan Sumatra biasa menyebutnya baru cina atau sudamala. Namun, orang Maluku mengenalnya sebagai kolo atau goro-goro Cina. Di negeri Cina sendiri disebut ai ye. Baru cina juga memiliki sebutan lain, seperti daun manis,cam cao Jakarta), beunghar kucicing, jukut lokot mala (Sunda), suket gajahan (Jawa).

Tanaman ini adalah salah satu tumbuhan obat yang berkhasiat untuk
mengobati berbagai penyakit yang diderita kaum wanita. Seperti menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur, mencegah keguguran (threatened abortion), pergerakan janin berlebihan, disentri, keputihan, mempermudah persalinan, susah punya anak, muntah darah (hematemesis), mimisan (epistaksis), perdarahan usus (rectal haemorrhgia).

Perhimpunan Rumah Sakit seluruh Indonesia (Persi), pada situsnya, juga
menyinggung khasiat baru cina untuk perempuan. Di antaranya, penghenti
perdarahan (hemostatis), mencegah keguguran, dan menormalkan haid.

Apabila Anda mempunyai salah satu problem di atas, dan ingin memanfaatkan baru cina sebagai alternatif pengobatan, bisa japri budiprakoso98@gmail.com / 081310343598