Monday, September 24, 2007

Konsultasi : Herbal untuk Thypus

Ibu Prapti dan rekan - rekan yang lain.
Saya mau bertanya, setahun yang lalu ada salah seorang saudara saya yang terkena penyakit thypus, Berobatnya ke dokter keluarga, karena rumahnya dekat dengan dokter tsb maka pada waktu itu tidak dilakukan rawat inap di rumah sakit. Yang menjadi pertanyaan saya adalah dia menderita sakit itu selama lebih kurang setahun dan sampai sekarang masih sering kambuh (merasa lelah, tidak bersemangat, mual-muntah, berkunang, dan pingsan). Oleh Dokter waktu itu disarankan untuk istirahat total selama 6 bulan. Dia sempat vakum sekolah selama 3 bulan, ketahanan tubuhnya menurun sangat drastic, padahal diantara keluarga dia dikenal sebagai orang yang paling jarang sakit. Apakah memang untuk penyembuhan penyakit thypus diperlukan waktu selama itu, dan apakah lingkungan sekitar juga ikut mempengaruhi (misalnya cuaca yg terlalu dingin, terlalu panas, pola makan, efek psikologis, dan lain - lain).
Karena menurut pengamatan saya, saya sendiri sudah 3 kali terkena thypus, biasanya karena aktifitas yang tinggi dan pola makan yg kurang teratur, tetapi setelah diopname 1 - 2 minggu kembali merasa segar dan bertenaga, sebulan setelahnya saya sudha kembali bisa beraktifitas spt biasa, begitu juga dengan teman-teman yang lain yang pernah terkena thypus. Mohon penjelasannya, dan adakah obat tradisional yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap serangan penyakit.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
Regards,
nike.lisia@sep.epson.com.sg Nike Fatri Lisia

Tanggapan :
Ibu Nike Yth.
Yang perlu diperhatikan pasca terkena typus adalah pola makan yang benar. Misalnya harus lunak, ya terapkan makan lunak sampai batas yang telah ditentukan dokter, kemudian makanan yang berminyak, pedas, asam, spicy hindari. Kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga.
Kemudian untuk menjaga stamina bisa diberikan Kapsul Tapak Liman 3 x 2 Kaps/hr, Kaps Daun sendok 3 x 2 Kaps.hr, dan Patikan Kebo 3 x 1 Kaps/hr. (untuk membantu mempercepat penyembuhan luka diusus akibat Typus)
Demikian Info dari saya semoga membantu
Salam Hormat
Prapti

1 comment:

  1. bagaimana pula apabila yang menderita thypus itu orang yang sedang menyusui, apakah resep tersebut tidak mengganggu produksi asi baik dalam kuantitas maupun kualitas? obat herbal apa yang aman agar tidak mempengaruhi asi yang diberikan kepada bayi?

    ReplyDelete