Thursday, January 17, 2008

BIDARA UPAS, BIKIN SUARA JADI MERDU


Bidara Upas ( Merremia mammosa )

Sinonim =Ipomoea mammosa choir=convolvulus mammosus lour

Familia : convolvulaceae

Uraian :Tanaman ini tumbuh memanjang dan membelit. Daunnya berbentuk jantung, dan bunganya berbentuk lonjong berwarna putih. Umbinya menyerupai kentang atau ubi jalar. Bagian yang biasa dipakai untuk pengobatan adalah pada bagian umbi.

Sifat khas :

Tidak berasa, menghangatkan, dan mengandung bahan kimia zat pahit, dammar, dan zat pati. Berkhasiat sebagai antipiretik, antiinflamasi, sebagai laktagog.

Penyakit yang dapat diobati :

Menyembuhkan batuk, difteri, radang tenggorokan, bengkak, luka, pelancar ASI, dan menjernihkan suara.

Contoh Pemakaian :

Difteri.
Ambil 8 gram umbi bidara upas, dan ¼ cangkir air matang. Umbi diparut kemudian diperas dengan saringan. Cairan hasil penyaringan gunakan untuk berkumur; kemudian ditelan.Lakukan dua kali sehari. Dosis dewasa 2-3 sendok makan, sedang untuk anak 1 sendok makan saja. Bila perlu, dapat diencerkan dengan air matang.

Mengobati radang tenggorokan, batuk, perlancar ASI, dan penjernih suara.
Ambil umbi 8 gram, 6 gram rimpang kencur, 3 helai daun sirih, 3 gram kapulaga, dan air secukupnya.Ramuan dibuat pipis. Cairan bening untuk berkumur dan diminum pagi dan sore.

Lakukan dalam 14 hari. Suara menjadi jernih. Dijamin.

[sumber : SM ]
http://rsherbal.wordpress.com/2007/12/31/bidara-upas-bikin-suara-jadi-merdu/

SehatHerbal.Com menyediakan ektrak herbal bidara upas sdh dalam bentuk kapsul dan terdftar di Badan POM. Harga Rp. 67.500/botol isi 50 kapsul. Info lebih lanjut dan pemesanan : budi prakoso, 081310343598 atau sehatherbal@yahoo.co.id

1 comment:

  1. yang bener pak masa bisa jernihkan suara sih pa....????emang sudah pernah di coba dan di buktukan....????

    ReplyDelete