Sunday, December 6, 2009

Manfat Meniran utk Penderita GAGAL GINJAL

Berikut cuplikan artikel tentang Manfat Meniran utk Penderita GAGAL GINJAL semoga bermanfaat. :

Untuk meniran, sebenarnya ada 2 tanaman yaitu species Phyllantus niruri dan Phyllanthus urinaria . Saya jelaskan tentang perbedaan kedua meniran di atas. Secara umum perbedaan antara P. niruri dan P. urinaria terletak pada warna batangnya. P. niruri memiliki batangnya berwarna putih sedangkan P. urinaria batangnya berwarna merah.
Keduanya memang mempunyai sifat diuresis yaitu sifat mengeluarakan air kencing, dan tentu proses ini berhubungan erat dengan kerja ginjal. Ya memang demikian, sebelum di-klaim sebagai imunomodulator meniran telah dikenal sebagai obat yang bikin kencing.
Bagaimana dengan sifat diuresis tersebut? Pada dosis tertentu ternyata mempunyai efek imunostimulan, (baca artikel: Stimuno Untuk Kekebalan Tubuh) dan pada kadar tertentu juga bersifat diuresis. Si batang merah ini sifat diuresisnya lebih kuat dibanding P. niruri. Bagaimana dengan penderita ginjal?

Berikut komentar bapak Didik Gunawa, Dosen Farmasi UGM:

“Sebagai penderita gagal ginjal, kemampuan tubuh untuk pembentukan Hb terhenti, sehingga kadar Hb saya setiap waktu cenderung turun dan tiap 6 bulan sekali butuh transfusi darah.
Dari berbagai hasil penelitian dilaporkan bahwa herba meniran (Phyllanthus niruri) memiliki kemampuan meningkatkan kadar Hb dalam darah, dan setelah saya coba mengkonsumsi infusa herba meniran dalam waktu 2 bulan, ternyata potensi itu memang terbukti bisa meningkatkan kadar Hb dalam darah.

Dari hasil penelitian pula dilaporkan bahwa meniran berfungsi membantu aktivitas kerja hormon pembentuk Hb (alfa atau beta Haemapoeitin : yang hormon ini tidak lagi diproduksi oleh ginjal yang rusak). Sejak itu selama 2 tahun terakhir, saya tidak lagi pernah transfusi darah, dan Hb saya stabil antara 8,5 – 9,5 (kadar normal orang sehat = 12).Transfusi disarankan kalau kadar Hb turun sampai 7 ke bawah.

Semoga informasi ini bisa dimanfaatkan para penderita gagal ginjal yang lain. “



Artikel ini ditulis berasal dari disuksi dengan saudara Puguh Novi Arsito, seorang sarjani farmasi dari minat Farmasi Bahan Alam. Ini adalah pertama kalinya, UGM meluluskan sarjana farmasi minat bahan alam, untuk bertugas mengolah kekayaan hayati berkhasiat obat yang ada di Indonesia (misi fakultas).
Oleh: Sarmoko (minat Farmasi Sains dan Industri).
http://moko31.wordpress.com/2009/05/01/jamu-obat-herbal-terstandar-oht-dan-fitofarmaka/


NB: Jika memerlukan Extract Meniran, hrga 75rb/50 kpsul silahkan contact sy budiprakoso98@gmail.com atau 081310343598

2 comments:

  1. Trims atas info dan ruang komentar ini.
    Kabar baik tentang MOlekul kecil (nano) yang berfungsi sbg modulator/transfer factor dlm sel-sel imun yang mampu meningkatkan aktivitas, agresivitas dan kecerdasan SISTEM IMUN tubuh manusia dan hewan sehingga mampu menumpas tuntas segala serangan bibit penyakit. Lengkapnya di http://rphlbntg.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. thanks untuk infonya, btw kira2 berapa perbandingan air dan meniran bila ingin membuat air rebusan meniran tersebut? kebetulan ibu saya baru menderita gagal ginjal

    ReplyDelete