Wednesday, December 6, 2006

Konsultasi tanaman obat untuk maag

Pak Yogha Yth :

Yang sering dimaksudkan dengan sakit maag adalah penyakit pada lambung. Nha ini bisa gastritis, bisa juga tukak lambung . Baik akan saya jelaskan lebih rinci sbb :

Penyakit pada lambung dapat berupa peradangan lambung (Gastritis) akut dan kronis atau tukak lambung (ulkus peptic). Gastritis akut yang sering dijumpai di klinik adalah gastritis akut sebagai efek samping pemakaian obat; disebabkan bahan kimia tertentu; merokok; minum alkohol; stres fisik akibat luka bakar, pembedahan, dan lain-lain; akibat refluks usus lambung; karena endotoksin atau karena penyebab yang tidak diketahui.

Perjalanan penyakitnya biasanya ringan, walau kadang dapat menyebabkan kedaruratan medis berupa perdarahan saluran cerna bagian atas. Ada penderita yang datang berobat karena muntah darah, namun sering kali keluhan hanya ringan saja seperti nyeri ulu hati yang tidak hebat, kadang disertai mual dan atau muntah. Untuk mencegahnya adalah menghindari penyebab yang telah disebutkan diatas sedapat mungkin.

Sedangkan gastritis kronis penyebabnya belum diketahui. Gastritis kronis sering dijumpai bersama penyakit lain seperti anemia, gondok, tukak lambung kronis, dan lain-lain. Keluhan biasanya berupa nyeri ulu hati, tidak nafsu makan, mual, dan keluhahan-keluhan anemia seperti lesu dan cepat lelah. Umumnya gastritis kronis tidak membutuhkan pengobatan, yang perlu diperhatikan adalah penyakit lain yang keluhannya berhubungan dengan gastritis kronis.

Sedangkan Tukak lambung, gejala umumnya berupa rasa nyeri yang disebabkan oleh rangsangan asam dalam lambung. Pengalaman menunjukkan beberapa makanan atau minuman dapat merangsang dan menimbulkan rasa sakit pada tukak lambung ini seperti cabe, lada, asam, kopi dan cola. Bahkan kopi dan cola dianggap sebagai penyebab terjadinya tukak.

Penanganan dengan obat herbal/terapi yang dianjurkan dengan obat herbal adlah dengan Kunyit, bisa kunyit biasa (Curcuma longa) atau Kunyit Putih (Curcuma Alba), kunyit ini mengandung zat aktif yang bernama curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas tukak lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus.

Percobaan klinis efek kunyit pada tukak lambung dilakukan terhadap 10 pasien. Obat diberikan secara oral dengan dosis 2 kapsul 250 mg, 4 kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Tukak sepenuhnya tersembuhkan pada 5 pasien dalam 4 minggu atau 7 pasien dalam 4 - 12 minggu.

Meniran atau Phylantus urinarisa/niruri. Kandungan aktif tanaman meniran yang ada kaitannya dengan pengobatan maag adalah kuersetin, merupakan senyawa flavonoid. Kuersetin bekerja dengan menghambat enzim histidin dekarboksilase sehingga produksi/ sintesis histamin terhambat. Histamin merupakan mediator penting pada penyakit alergi radang sehingga meniran akan menghambat reaksi peradangan akibat histamin pada penyakit maag.

Jombang atau nama latinnya Taraxacum officinale Weber et Wiggers tanaman ini mampu mengobati maag karena mempunyai kandungan, antara lain flavonoid yang dapat menghambat pembentukan prostaglandin dan leukotrien. Prostaglandin adalah mediator utama pada reaksi peradangan, yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan menimbulkan pembengkakan di daerah peradangan. Prostaglandin dan leukotrien bertanggung jawab untuk merekrut berbagai sel-sel radang, seperti eosinofil, ke daerah tersebut.

Eosinofil selanjutnya dapat menimbulkan kerusakan jaringan akibat diekskresikannya berbagai molekul radikal bebas. Efek buruk radikal bebas ini dapat pula dikurangi oleh kandungan jombang yang lain, seperti p-hydroxy-phenylacetic acid derivat taraxacoside (dengan gugus fenol), vitamin C, flavonoid, dan b-karoten yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat menekan kandungan radikal bebas dalam sel-sel lambung sehingga mempercepat penyembuhan luka pada lambung.

Untuk dosisnya masing 2tanaman obat tsb diatas antara 3x1 s/d 3x2 kaps/hari tergantung keparahan penyakitnya. dan minimum dikonsumsi 15 hari berturut-turut baru nampak hasilnya.

Demikian Pak Yogha informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat

Salam Sehat dan Bahagia

NAB

13 comments:

  1. Bisa saya minta nomor telepon untuk mendapatkan obat herbal untuk tukak lambung?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ibu bisa contact saya di 081310343598 atau email : budiprakoso98@gmail.com. Trima kasih atas perhatiannya. Salam, BP

    ReplyDelete
  4. Saya mau tanya bagaimana cara mengolah obat herbal tadi.Sebagai contoh kunyit,agar dapat/bisa diminum.Harus diapakan pak?

    ReplyDelete
  5. Singkong bisa untuk pengobatan maag atau tidak?

    ReplyDelete
  6. Pak Yaz : biasanya utk yg tradisional direbus p, tp hrs tahu takaran/jumlahnya baik air maupun bahannya, dan direbus di kuali tanah.

    Di beberapa daerah, memang singkok mentah dipakai utk atasi maag, tp sy krg paham referensinya secara ilmiah.

    ReplyDelete
  7. Pak saya punya keluhan pd pencernaan sering Kali sy merasa kaku pd tengkuk Dan kepala pusing perut berada penuh mual Dan ketika muntah Ada keluar sedikit darah..Kira2..obat herbal apa yg cocok untuk penyakit saya Dan gimana Cara mendapatkannya krn posisi saya Ada di amerika..mhn bantuannya Dan terimakasih.dri sy :aldi wijaya

    ReplyDelete
  8. Pagi pak Aldi,

    Diagnosa dokter apa y pak?.. agar sy bs kasih info herbalnya lebih tepat. kalau nanti mau pesan bs dkirim p.. via pos/EMS.. lebih mudah utk komunikasi via YM sj p : budi_prakoso98

    ReplyDelete
  9. kira kira brapa harga obat herbal untuk maag kronis atau gastritis pak ya???tlg infonya...thx

    ReplyDelete
  10. bapak konsumsi curcumag.. yg kombinasi temulawak, dll. selain itu minum juga air sagu ( air + sagu) 3x sehari..
    kalau ingin pesan curcumag bs contact sy di 081310343598.
    semoga lekas sembuh.

    SehatHerbal.

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum Pak Budi, saya tertarik dengan kapsul ekstrak untuk ramuan-ramuan di atas. Mohon kiranya dapat mengirimkan daftar produknya beserta harganya ke email saya winarno92@gmail.com

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. thanks smg sukses gan..

    http://www.saesalera.com/product/view/41/obat-jerawat

    ReplyDelete
  13. thanks smg sukses gan..

    http://www.saesalera.com/product/view/41/obat-jerawat

    ReplyDelete