Sunday, December 10, 2006

MENCEGAH DAN MENGOBATI TYPHUS

Tyhpus adalah penyakit infeksi akut usus halus. Nama lain typhus adalah typhus abdominalis. Penyebabnya adalah kuman Salmonella Typhi. Penularan S. Typhi terjadi melalui mulut oleh makanan yang tercemar. Sebagian kuman akan dimusnahkan dalam lambung oelh asam lambung. Sebagian lagi msuk keusus halus, mencapai jaringan lemfe dan berkembang biak. Kuman-kuman selanjutnya masuk ke jaringan beberapa organ tubuh, terutama limpa,usus dan kandung empedu. Demam pada typhus disebabkan karena S, tyhpi dan endotoksinnya merangsang sintesis dan pelepasan zat pirogen (menimbulkan panas) pada jaringan yang meradang.


Patologi

Kelainan patologik utama di usus halus, terutama di usus halus bagian distal (bawah). Pada minggu pertama pernyakit terjadi hyperplasia (pembesaran sel-sel) plaks Peyer, disusul minggu kedua terjadi nekrosis (pembususkan) dan dalam minggu ketiga ulserasi plaks peyer dan selanjutnya dalam minggu keempat penyembuhan ulkus (luka-luka) dengan meninggalkan sikatriks (jaringan perut). Ulkus berbentuk lonjong dengan sumbu memanjang sejajar dengan sumbu usus.

Hati membesar dengan infiltrasi limfosir, zat plasma dan sel mononuclear, serta tedapatnekosis fokal. Sistem retiku loendotelial menunjukkan hyperplasia dan kelenjar-kelenjar mesenterial dan disertai pembesaran limpa.


Gambaran Klinis

Masa tunas penyakit typhus berlangsung 10 sampai 14 hari. Gejala yang timbul amat bervariasi. Gambaran penyakit bervariasi dari penyakit ringan yang tidak terdiagnosis, sampai gambaran penyakit yang khas dengan komplikasi dan kematian. Dalam minggu pertama penyakit, keluhan dan gejala serupa dengan penyakit infeksi akut. Pada umumnya yaitu demam,nyeri kepala, pusing, nyeri otot, tidak nafsu makan, mual, muntah, obstipasi (diare ), perasaan tidak enak diperut, batuk. Pada pemeriksaan fisik hanya ditemukan suhu badan meningkat. Dalam minggu kedua gejala-gejala menjadi lebih jelas berupa demam, denyut jantung relative lambat, lidah yang khas (kotoran ditengah, tepid an ujung merah dan tremor/bergetar, hati membesar, limpa membesar, gangguan mental bisa koma atai psikosis.

Reaksi widal adalah suatu reaksi pengendapan antara antigen dan antibody (aglutinin). Agglutinin yang spesifik terdapat pada serum penderita penyakit typhus. Maksud reaksi widal adalah untuk menentukan adanya aglutinin dalam serum penderita yang disangka menderita penyakit thypus.


Komplikasi yang mungkin timbul

1.Komplikasi intestinal
a.Perdarahan usus
b.Usus pecah (perforasi)
c.Lumpuhnya usus halus (ileus paralitik)

2.Komplikasi ekstra-intestinal
a.komplikasi kardiovaskuler seperti trombosit, renjatan sepsis.
b.Komplikasi darah seperti anemi hemolitik
c.Komplikasi paru seperti pnemoni
d.Komplikasi hati dan kandung empedu berupa radang hati dan kolesistitis (radang kandung empedu)
e.Komplikasi ginjal : glomerulone phritis
f.Komplikasi tulang : arthritis, osteomielitis
g.Komplikasi neuropsikiatrik seperti meningitis, polyneuritis.

Pencegahan

Untuk pencegahan penyakit typhus dapat dibagi dalam :
1.Usaha terhadap lingkungan hidup
-Penyediaan air minum yang memenuhi syarat
-Pembuangan kotoran manusia yang higenis
-Pemberantasan lalat
-Pengawasan terhadap rumah-rumah makan dan penjual-penjual makanan

2.Usaha terhadap manusia
-Imunisasi
-Menemukan dan mengawasi carrier typhoid
-Pendidikan kesehatan kepada masyarakat

Penggunaan Tanaman Obat untuk mengatasi penyakit Thypus

Selain beberapa usaha pencegahan diatas, jika sudah terjadi penyakit perlu dilakukan pengobatan. Pengobatan medis konvensial sudah umum dilakukan utnuk mengatsi ganguan thypus. Namun disisi lain obat herbal dapat dijadikann sebagai suatu pilihan untuk kesembuhan pasien. Beberapa tanaman obat sepetri Sambiloto, Bidara Upas, rumput mutiara dan temulawak dapat digunakan untuk membantu mengatasi penykait thypus. Herbal tersebut mempunyai fungsi penurun panas, anti radang, meningkatkan kekebalan, menghilangkan racun dan melancarkan peredaran darah.

Tanaman obat yang digunakan :

1. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Tanaman ini mempunyai fungsi penurun panas /demam, selain sebagai antiracun dan antibengkak. Cukup efektif untuk mengatasi infeksi dan merangsang phagocytosis dan meningkatkan kekebalan tubuh seluler. Bagian tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pengunaannya : 3 x 1 kapsul (pagi, siang, sore ) 1 jam sebelum makan.

2. Bidara Upas (Merremia mammosa)

Tanaman ini mempunyai fungsi sebagai anti ardang dan juga mengurangi rasa sakit (analgesic) serta menetralkan racun. Bagian tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pemakaian : 3 x 1 Kapsul / hari.

3. Rumput Mutiara

Tanaman ini mempunyai fungsi sebagai penghilang panas dan anti radang, selain itu juga berperan dalam mengaktifkan peredaran darah. Bagian tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pemakaian: 3 x 1 kapsul/hari.

4. Temulawak

Tanaman ini mempunyai sifat bakteriostatik dan berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan anti inflasma (pembengkakan). Bagain tanaman ini diolah menjadi obat berbentuk kapsul. Cara pemakaian : 3 x 1 kapsul / hari.

Selamat mencoba,

Cegahlah penyakit selagi bisa, dan obat dengan benar jika memang tak dapat dihindari.
Salam Sehat dan Bahagia
(NAB)

SehatHerbal.Com menyediakan ektrak sambiloto, bidara upas, temulawak dan rumput mutiara sdh dalam bentuk kapsul. Harga anara Rp. 50.000/50 kapsul s.d Rp. 67.500/50 kapsul sdh terdaftar di Badan POM. Info pemesanan : sehatherbal@gmail.com atau 081310343598 atau langsung datang ke counter SehatHerbal.Com, Mangga Dua Square-Lantai UG Blok C no. 206. Tlp. 021-91752768

34 comments:

  1. Ayah saya seringkali kambuh typusnya bahkan bisa 2 bulan sekali. Kata dokter sdh carrier di usus. Dan beliau juga punya penyakit maag. Apakah pengobatan herbal untuk typus tersebut aman dikonsumsi ayah saya yang ada penyakit maag-nya. Tks

    ReplyDelete
  2. Gmna cara agar obat2an herbal itu jadi bentuk kapsul?? apa di tumbuk??

    ReplyDelete
  3. Dengan cara konvensional dihaluskan dengan alat tertentu sampai menjadi bubuk, tp kalau lebih modern lagi dgn proses ektraksi.

    ReplyDelete
  4. Utk herbal jika ada maag minumnya setelah makan, tdk masalah.

    ReplyDelete
  5. Berapa komposisi bahan untuk dapat dibuat menjadi 1 kapsul? thanks.

    ReplyDelete
  6. Dua hari lalu badan saya kena demam tinggi (39 derajat). Setelah diberi obat penurun panas oleh mantri, panasnya turun. Tapi sekarang perut saya sakit dan sering buang2 air (mencret). Disamping itu lidah saya ada bercak putih. Apakah saya kena typhus ?

    ReplyDelete
  7. Pagi pak, dr tanda2nya kemungkinan memang typus..tp utk pastinya dicek k dokter sj pak. utk herbalnya direkomendasikan : Patikan Kebo, 3x1.
    Sekian, jika memerlukan herbal tsb silahkan email ke budiprakoso98@gmail.com atau 081310343598- budi prakoso

    ReplyDelete
  8. Saya sakit..demam tinggi,sering buang air besar berupa cairan.apakah saya typhus ato bru gejala?kata dokter sih radang usus..uda dikasi obat tapi ampe 2hari ga ada reaksi apa2 kecuali penurunan panas,buang air tetap aja sering..trimakasih

    ReplyDelete
  9. sudah 10 hari sy terbaring sakit, dengan menahan perut kembung, bdn pegal2, & kepala pusing serta tdk bab. Trakhir 5 hari yang lalu sy periksa kedokter diagnosanya hny kecapekan . Ap penyakit yg sy derita ini termasuk ciri2 typhus, sy pny pnyakit maag juga. trms.....

    ReplyDelete
  10. Coba minum jombang, temulawak & mahkota dewa...kalau lbh tepat cek k dokter sj..kalau dr artikel tsb apa sdh di alamai?..kalau typus..herbalnya patikan kebo.

    ReplyDelete
  11. Saya udah kali yg ketiga kambuh typhus-nya..dan terakhir sempat di rawat di RS selama seminggu...keluar dr RS typhus msh positif tapi kadarnya sdh menurun dari pertama kali msk RS...kira2 herbal apa yg bisa sy konsumsi untuk membuat test widal saya negatif semua...

    ReplyDelete
  12. Bu Sriwi,

    Utk typhus herbal yg direkomenasikan : sambiloto dan patikan kebo. 3x1 utk pengobatan..`1x1 utk maintenance.. jika memerlukan herbal tsb silahkan contact sy budiprakoso98@gmail.com atau 081310343598

    ReplyDelete
  13. anak saya ( umur 8 th ) tadi sore baru tes darah & hasilnya positive tiphus,saat ini msh minum obat dokter...apa yg sy hrs lakukan agar bs sembuh tuntas & tidak kambuh?

    ReplyDelete
  14. Pagi pak,

    tuk thypus dgn patikan kebo sj.. 3x1.

    Wass
    NB:jika sulit mendapatkannya silahkan contact sy.

    ReplyDelete
  15. Saya demam, pusing,badan sakit-sakit tapi tidak panas dan itu saya rasakan setiap hari pada jam tertentu selama 2 minggu. Setelah saya tes darah ternyata typhus dan akhirnya diopname di RS selama 3 hari, tapi setelah keluar dari RS demam msh sering kambuh. Saya ingin mengkonsumsi obat herbal tapi sulit mendapatkan jenis dan tidak tau meraciknya, mohon saran dari anda. Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Jika diagnosanya typus, herbal yg direkomendasikan : sambiloto dan patikan kebo, 3x1, sy sdh ada yg bentuk kapsul. Silahkan info nama, alamat dan jumlah pesan. Harga herbal masing2 50rb/45 kpsul+ ongkos kirim tergantung alamat. pembyaran k mandiri cbg tangerang 155-00-00-29739-3 an. budi prakoso. info lebih lanjut bs YM: budi_prakoso98 atau 081310343598

    ReplyDelete
  17. sudah 2bulan lebih saya terserang penyakit tyfus, saya sudah berobat ke dokter kurang lebih 7x. terakhir b'obat demam sdah ilang, ttapi aya jga trkena flek diparu2. batuk nya tdak mau hlang . s'baiknya mnum obat apa ??

    ReplyDelete
  18. Pagi,
    utk thypus : sambiloto dan patikan kebo
    TB : sambioto, pegagan dan cakar ayam

    Jika ingin pesan silankan contact : YM :budi_prakoso98, 081310343598

    ReplyDelete
  19. adik saya t'kena penyakit typus apakah tu bs d'cegah dgn makana sprti k.ijo,susu?
    apkah tu bs m'ymbuhkan pnyakit typus krn jarang makan obat dr dokter
    gmn tanggapan bapak?
    trims

    ReplyDelete
  20. Penyakit typus disebabkn oleh kuman/bakteri, jd tdk bisa dicegah dgn makanan, tetapi dgn obat / herbal. Utk herbal atasi typus dgn patikan kebo.

    ReplyDelete
  21. terima kasih informasinya
    anak saya umur 7 tahun, gejala seperti tyhpus, namun setelah diobati dengan anti biotik, anti radang, dan turun panas obat askes, tidak sampai 1 minggu kondisinya membaik, apakan harus tes darah untuk memastikannya

    ReplyDelete
  22. pak saya punya teman , dya terkena penyakit asam lambung
    setelah di periksa ke dokter
    katanya dya terkena penyakit typuss juga
    jadi kalau sudah begitu cmana pak ???
    mohon bntuan'a

    ReplyDelete
  23. Pak Arif,
    utk asam lambung herbalnya : temu lawak dan jombang. selain itu minum air sagu 2-3 gelas sehari.
    utk typus : patikan kebo dan sambiloto.
    Pemesanan herbal : 081310343598

    ReplyDelete
  24. ank sy umur 5 th, dulu dia prnh opname karena skt typhus.tp akhr2 ini typhusnya sering kambuh, pdhl dari makanan udh di jaga.klo kecapean bdn lgsg pns.penyebabnya apa ya pak?

    ReplyDelete
  25. pak afi, sbaiknya cek lab p, utk memastikan penyebabnya...bs krn bakteri atau yg lain

    kalau utk maintenace dgn patikan b
    kebo sj.

    ReplyDelete
  26. anak saya 2tahun 9bulan positif typhus.apa ada obat tradisionalnya karena blm bisa minum kapsul?

    ReplyDelete
  27. utk herbalnya ckp patikan kebo sj p/bu.. kalau blm bs minum , kapsul bs di bk.. diminumkan 1x1..

    tks

    ReplyDelete
  28. pesannya dimana ya?apakah aman?

    ReplyDelete
  29. aman , krn 100% herbal.. kalau mau pesn, infokan sj nama, alamat dan jumlah pesn k 08310343598 ..harga 50rb/btl.. k mandiri 155-00-00-297393 an. budi prakoso.

    harga blm ongkos kirim.

    ReplyDelete
  30. pak sya kena types stengah tahun yg lalu....tp perut/lambung msh trasa kurang enak smpai sekarang..kdang asam lambung tinggi...bgaimana pncegahan agar types tp mudah kambuh...trims

    ReplyDelete
  31. pg, utk atasi typus ckp dgn smbiloto dn patikan kebo. utk masala lambung, minum air sagu secaa rtin 2x sehari , pagi dan malam - 1 gelas air + 1 sendok sagu.

    tks

    ReplyDelete
  32. Pak, anak saya umur 5 tahun. Dalam sebulan ini sudah 2x terkena typhus...Sekarang kambuh lagi obat herbal apa yang cocok atau kalo pesan obat herbal berapa hari sampe madura. Trims

    ReplyDelete
  33. wah pengobatannya sangat bagus pak..
    semoga sukses ya..

    ReplyDelete
  34. Pak, klw usus yang sudah terjadi perforasi, bagaimana mengobatinya? *mohon dijawab

    ReplyDelete