Monday, March 19, 2007

BEBERAPA MACAM HIPERTENSI DAN PENANGGULANGANNYA

Hipertensi tergolong penyakit multifaktor. Tidak semua hipertensi sama penyebabnya. Dari sifat kenaikan nilai tekanan darah, maka bisa dicari penyebab hipertensi tersebut.

Karena Stress
Kadang ditemui suatu kasus yang cukup unik, sebagai berikut. Seseorang saat diperiksa dirumah tekanan daranya normal, tetapi begitu kontrol ke dokter tekanan darahnya meningkat/ tinggi. Orang tersebut diduga terkena “white coat reaction” atau “tegang ketemu dokter”, selain itu orang tersebut memang mudah stress.
Ia merasa badannya selalu tidak beres, ada saja yang dirasa. Stress yang menahun bisa menyebabkan tekanan darah naik. Untuk kasus diatas, tidak perlu buru-buru diberikan obat, sebab bukan sesungguh-sungguhnya darah tinggi. Tekana darah orang tersebut hanya tinggi sesaat, kemudian tubuhnya sendiri akan mengatur (regulatory mechanism) untuk menjadi normal kembali.

Gangguan Organ
Jika serangan hipertensi ini disebabkan oleh gangguan organ, gangguna organ yang bisa menyebabkan hipertensi antara lain adalahadanya gangguan ginjal, kelenjar gondok, atau penyakit anak ginjal (suprarenalis). Hipertensi akibat gangguan organ ini banyak ditemui pada usia muda, sehingga apabila anda masih kepala 3 dan ternyata sudah terkena hipertensi ,jangan buru-buru meminum obat hipertensi, tapi check dahulu degan seksama, apa yang menjadi pencetus hipertensi tersebut, apakah gangguan organ tersbeut diatas, atau karena stress berat. Karena kelewat cepat memberikan obat pada kasus diatas malah menyebabkan otoregulasi tubuh lewat homeostatic (menyeibangkan kembali) jadi kacau, dan tekanan darah malah bisa anjlok. Tensi yang mendadak rendah sama bahayanya dengan hipertensi karena sama-sama bisa menyebabkan stroke dan buruk akibatnya buat ginjal.

Faktor Usia
Dengan bertambahnya usia, biasanya tekanan darah ikut sedikit meninggi. Namun kalau pembuluh darah arteri terpelihara baik dengan cara rutin mengkonsumsi vitamin, minerl dan antioksidan. Dinding pembuluh darah arteri tubuh yang elastis itu terjaga tidak menjadi lekas keras dan kaku (arteriosclerosis). Dengan terjaganya arteri diatas maka pertambahan usia tidak selalu akan berakibat pada naiknya tekanan darah.
Pada kasus hipertwnsi akibat kekakuan arteri diatas maka biasanya akan terjadi selisih nilai tekanan sistolik (tekanan atas) dengan diastoliknya (tekanan bawah). Jika tensi mencapai 170/80 misalnya, ini khas hipertansi usia lanjut. Saat bergiat fisikpun bisa setinggi itu, tapi akan segera turun normal kembali bebrapa saat sesudahnya.
Pada usia tua kadang juga terjadi tekanan darah saat diukur pada lengan kanan berbeda dengan lengan kiri. Kasus seperti ini terjadi, jika terdapat kelainan aorta (pembuluh darah besar yang keluar dari bilik kiri jantung) yang disebut sebagai coaorta aortae. Pada kasus ini tensi lengan kiri , lebih tinggi dari lengan kanan.

Bisa Berbahaya
Normalnya, pada kebanyakan kasus darah tinggi, baik seistolik dan diastoliknya sama-sama meninggi, seseorang baru dikatagorikan darahnya tinggi jika tensinya diatas 140/90 (Systolic Diastolic Hypertension) Tensi diatas 120/80 dan dibawa 140/90 belum dikatagorikan hipertansi, dan disebut normal atas (High Normal).
Tekanan diastolik yang tinggi sama risikonya dengan systolik yang tinggi, karena bisa meyebabkan mati permature, maupun komplikasi pembuluh darah yang mungkin terjadi pada mata, ginjal, otak dan jantung. Kebanyakan kasus hipertensi diastolik bersifat labil, tetapi juga bisa berubah menjadi ganas dan berbahaya.
Kasus hipetensi ganas antara lain malignant hypertension, Kasus ini terjadi jika tensi mencapai 200/140 yang disertai kelainan pada mata (papiloedema), yakni kerusakan pembuluh darah di bola mata akibat tekanan darah yang tinggi, sehingga ketajaman mata menjadi terganggu. Namun ada juga kasus tekanan darah tinggi yang tidak diserta dengan kelainan pada mata , ini disebut sebagai accelerated hypertension.
Kasus hypertansi yang lain adalah portal hypertension, yaitu adanya tekanan yang tinggi di pembuluh darah yang keluar dari hati, akibat adanya gangguan seperti cirrhosis.
Selain itu, kita mengenal juga hipertensi paru-paru (pulmonary hypertension). Tandanya adanya bendungan darah dalam paru-paru baik berupa kerusakan paru-paru maupun lemah jantung.

Penanggulangan dan Pencegahan
Pencegahan hipertensi dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah menurunkan secara bertahap bagi anda yang kelebihan berat badan, olah raga teratur 40-50 menit 5 kali seminggu, yaitu dengan jalan cepat dengan kecepatan 6 km/jam, perbanyak makan mentimun, belimbing dan juga juice apel dan seledri setiap pagi, bagi anda yang keluarganya mempunyai riwayat penyumbatan arteri dapat meminum juice melon yang dicampur dengan susu non fat yang mengadung omega 3 tinggi.
Berdasarkan kriteria dan faktor risiko yang dimiliki pasien, dapat ditentukan prognosis penyakit sebagai berikut :

Keterangan Derajat I Derajat II Derajat III
1. Tekanan darah <140/90>180/110
2. Tanpa faktor risiko Risiko ringan Risiko sedang Risiko tinggi
3. 1-2 faktor risiko sedang sedang sangat tinggi
4. > 3 faktor risiko tinggi tinggi sangat tinggi
5. Ada kelainan fisik
terkait sangat tinggi sangat tinggi sangat tinggi


Penanggulangan Hipertensi dengan tanaman obat sbb :
a. Hipertensi tanpa Faktor Risiko
Derajat I dan II : Pegagan 3 x 1 kapsul
Sambiloto 3 x 1 kapsul
Derajat III : Pegagan 3 x 2 kapsul
Sambiloto 3 x 1 kapsul
b. Hipertensi dengan faktor risiko kolesterol/dislipidemia
Derajat I dan II : Pegagan 3 x 1 kapsul
Sambiloto 3 x 1 kapsul
Mimba 3 x 1 kapsul
Derajat III : Pegagan 3 x 2 kapsul
Sambiloto 3 x 1 kapsul
Daun Dewa 3 x 1 kapsul
Sambung Nyawa 3 x 1 kapsul
c. Hipertensi dengan gangguan Kardiovasculer (jantung dan pembuluh) riwayat stroke, TIA (Transient ishcemic attack)
Derajat III : Pegagan 3 x 2 kapsul
Sambiloto 3 x 1 kapsul
Daun Dewa 3 x 1 kapsul
Sambung Nyawa 3 x 1 kapsul
Jika ada angina pectoris dapat ditambahkan sembung 3 x 1 kapsul
d. Hipertensi dengan Proteinuria, Nefropati Diabetic, Gangguan Ginjal
Derajat III : Tempuyung 3 x 1 kapsul
Tapak Liman 3 x 1 kapsul
Meniran 3 x 1 kapsul
Daun Sendok 3 x 1 kapsul
(Sumber : Artikel Tabloid Senior No.214/15-21 Agustus 2003 dan Buku TOGA Penyakit dan tanaman Klinik TOGA Sekar Utami, 2003)

nb:herbmedicine store menyediakan berbagai macam ekstrak herbal tsb, silakan klik : http://sehatherbal.blogspot.com atau sehatherbal@yahoo.co.id / 081310343598 (budi prakoso)

No comments:

Post a Comment